Manfaat Dan Tata cara Sholat Dhuha

Manfaat Dan Tata cara Sholat DhuhaSholat dhuha merupakan shalt sunat 2 rakaat yang sangat di anjurkan untuk dilaksanakan oleh semua orang yang sudah balig. Selama ini banyak yang mengatakan dan mengungkapkan bahwa kalau kita memang mau dapat rezeki yang melimpah maka kita jangan telat untuk salat duha. Apakah benar demikian? Untuk mengetahui tentang itu semua tentu kita harus melakukan pencarian informasi serta juga membuktikannya sendiri.

Shalat ini merupakan jenis shalat sunat yang bisa dilaksanakan beberapa rakaat. Sudah tahu bagaimana cara melakukan shalat sunat yang satu ini? jika anda belum memahaminya, silahkan baca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Apa itu sholat duha?

Ini merupakan salah satu jenis shalat sunah yang dilakukan pada pagi hari. Shalat ini menjadi salah satu jenis shalat yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah. Shalat ini menjadi shalat yang di anjurkan di lakukan pagi haru gunakan meminta kelancaran dan barokah rezeki yang akan di terima hari itu.

Manfaat sholat dhuha

Sebagai shalat sunat yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah, tentu ada banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan jika anda melaksanakan shalat sunah yang satu ini. beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  1. Melancarkan rezeki
  2. Membuat rezeki yang akan datang menjadi barokah
  3. Membuat rezeki yang sudah ada menjadi lebih bermanfaat
  4. Bisa mendatangkan rezeki dari tempat yang tidak di duga

Waktu sholat duha

Shalat ini merupakan shalat yang memiliki waktu tertentu seperti layaknya shalat wajib. Shalat ini dilaksanakan pada ketika matahari mencapai 7 hasta atau sekitar pukul 07.00 hingga menjelang dhuhur yaitu sekitar pukul 11.30. Apabila anda shalat di luar waktu tersebut maka bisa dikatakan tidak syah. Anda harus memulainya antara jam di atas.

Tata cara sholat dhuha bagi pemula

Pada dasarnya, cara melaksanakan shalat ini sama dengan shalat sunah yang lainnya. Yang membedakannya adalah pada niat dan doanya saja. Untuk anda yang masih pemula, berikut ini adalah tata cara melakukan shalat ini dengan mudah:

  1. Baca niat
  2. Takbiratul ikhram
  3. Baca doa iftitah
  4. Baca fatihah
  5. Baca surat as syamsu
  6. Ruku
  7. Iti’dal
  8. Sujud
  9. Duduk diantara 2 sujud
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri kembali
  12. Baca fatihah
  13. Baca surat ad-dhuha
  14. Ruku
  15. Iti’dal
  16. Sujud
  17. Duduk diantara 2 sujud
  18. Sujud kedua
  19. Tahiyat akhir
  20. Salam
  21. Baca doa

Demikian sebetulnya beberapa hal yang perlu dan penting diketahui oleh seorang muslim yang baik tentang salat sunat duha yang memang sudah direkomendasikan oleh Rasulullah. Ada banyak manfaat juga dan khasiat yang bisa didapatkan ketika kita mengamalkan salat tersebut. Kalau tidak percaya maka silakan Anda Coba buktikan sendiri mempraktekkannya setiap pagi.