Kanker Payudara Metastatik, Pelajari Semua Tentang Ini! Oleh Nguang Nguek-fluek

Kanker payudara adalah tumor ganas yang berkembang di salah satu payudara. Ini adalah salah satu gejala awal kanker serviks yang paling sering terjadi pada wanita. Sel-sel kanker kadang-kadang bisa menyebar ke organ dan jaringan lain di tubuh Anda melalui aliran darah atau sistem getah bening. Ketika ini terjadi, kanker disebut kanker payudara metastatik.

Pada kanker payudara metastatik, tumor baru dapat terbentuk di organ dan jaringan tubuh lainnya juga, paling sering di kelenjar getah bening. Tumor ini disebut metastasis dan mereka juga dapat terbentuk di hati, otak atau paru-paru.

Gejala Kanker Payudara Metastasis

Gejala kanker payudara metastatik bervariasi di daerah di mana metastasis ditemukan. Metastasis tulang biasanya menyebabkan rasa sakit. Metastasis di hati sering dikaitkan dengan peningkatan ukuran hati. Metastasis paru umumnya disertai dengan sesak napas atau batuk dan dapat dilihat pada X-ray.

Pengobatan Kanker Payudara Metastatik

Perawatan untuk kanker payudara metastatik tergantung pada ukuran tumor dan berapa banyak mereka telah menyebar. Perawatan umum termasuk radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon. Perawatan ini digunakan baik sendiri atau gabungan. Tak satu pun dari mereka akan menyembuhkan kanker payudara metastatik, tetapi mereka dapat memperlambat proses dan mengurangi atau menghilangkan gejala.

Radiasi diterapkan ke bagian tertentu dari tubuh, umumnya otak atau tulang, untuk mengurangi tumor dan juga panel. Ketika diberikan ke tulang, itu juga mengurangi risiko patah tulang. Kemoterapi adalah pengobatan obat dengan obat antikanker yang diberikan melalui pembuluh darah atau secara lisan untuk membunuh sel kanker. Terapi hormon termasuk pil hormon, bukan atau selain kemoterapi. Jenis perawatan ini terutama digunakan untuk wanita yang lebih tua atau yang dengan kondisi medis lainnya juga. Pilihan pengobatan lain untuk kanker payudara metastatik adalah imunoterapi, yang menggunakan sistem kekebalan tubuh.

Kebanyakan pasien minum obat untuk mengurangi rasa sakit. Untuk rasa sakit yang lebih parah, pengobatan obat umumnya termasuk narkotika. Namun, pil-pil ini tidak menyebabkan kecanduan dan ketika rasa sakit hilang, kebutuhan untuk meminumnya juga akan memudar.

Berapa Lama Bisakah Efek Terakhir?

Berapa lama Anda dapat mengendalikan penyakit ini tergantung pada seberapa banyak kanker telah menyebar. Perawatan yang tepat terkadang dapat mengendalikan kanker payudara metastatik selama beberapa tahun.

Apa yang bisa kau lakukan?

? Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memaksimalkan efek perawatan:

? Ikuti rencana perawatan dengan hati-hati dan istirahatlah sesering mungkin.

? Lakukan pemeriksaan payudara sendiri atau payudara secara teratur dan laporkan setiap perubahan yang tidak biasa. Lakukan pemeriksaan payudara setiap bulan, sebaiknya pada akhir menstruasi Anda atau hari pertama bulan jika Anda tidak memiliki siklus menstruasi.

? Mintalah dokter untuk meresepkan Anda latihan untuk diikuti setelah Anda menyelesaikan perawatan.

? Konsultasikan dengan ahli diet untuk meningkatkan diet Anda untuk menyembuhkan jaringan setelah perawatan dan melawan kanker.

? Bergabunglah dengan kelompok dukungan untuk kanker payudara.

? Bicaralah dengan anggota keluarga dan penyedia perawatan kesehatan Anda tentang cara Anda seharusnya dirawat jika Anda sementara dinonaktifkan.

? Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan habiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai.