Inilah Cara Mengetahui Anggaran Biaya Iklan Google Adwords

Inilah Cara Mengetahui Anggaran Biaya Iklan Google AdwordsSebagian besar aktivitas pemasaran memang mebutuhkan biaya mahal dan dapat menghabiskan anggaran dengan cepat. Tetapi jika terlalu ragu untuk beriklan, mungkin juga kehilangan penjualan. Jika Anda tidak tahu berapa banyak biaya Google AdWords, mungkin akan terkejut. Nah, kali ini mari intip cara menghitung anggaran biaya iklan Google Adwords.

Berapakah Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Beriklan Di Google Adwords?

Sebenarnya biaya yang dikeluarkan bergantung pada jenis produk. Karena produk akan mempengaruhi kata kunci yang digunakan, jadi bisa sangat murah atau terlalu mahal. Karena itulah sangat penting mengetahui cara menghitung anggaran biaya iklan Google Adwords agar tidak berakhir berenang di lautan utang.

Salah satu kesalahan terbesar dalam iklan PPC (pay per click) adalah gagal melakukan riset yang tepat sebelum terjun. Harga yang dikeluarkan mulai dari sembilan belas sen hingga lebih dari lima dolar, tergantung produk. Bahkan pada produk yang sama ada berbagai variasi biaya untuk kata kunci yang berbeda dan biaya rata-rata per klik. Jadi sebelum meluncurkan iklan sebaiknya meriset lebih dalam kata kunci khas  yang ditargetkan oleh bisnis Anda.

Cara Menghitung Anggaran Google Adwords Dengan Kata Kunci

Menghitung anggaran berarti yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencari tahu apa kata kunci yang diperlukan. Buka tools khusus dan mulailah dengan mencari istilah yang terkait dengan bisnis Anda. Untuk lebih mudahnya cobalah berpikir kata apa yang biasanya dicari orang untuk menemukan bisnis tersebut. Misalnya bisnis karangan bunga, maka orang cenderung mencari ‘karangan bunga lokal’ atau “penjual karangan bunga”. Jika masih kesulitan, maka gunakan perencana kata kunci di AdWords secara gratis.

Setelah menemukan kata kunci yang dimaksud, maka selanjutnya gunakan keyword planner di google ads. Cari tahu biaya per klik kata kunci dan ulangi proses ini untuk 4-5 kata kunci yang berbeda. Setelah memiliki beberapa kata kunci dengan masing-masing volume dan BPK, maka dapat menghitung biaya iklan. Maka dapat diambil rata-rata rasio dan menghitung berapa banyak klik yang akan diperoleh berdasarkan kata kunci tadi.

Untuk melakukan ini, lihat kembali daftar kata kunci Anda dan analisis volumenya. Misalnya, memiliki kata kunci dan volumenya adalah 1.000 pencarian per bulan, maka bisa berharap mendapatkan 19 klik per bulan pada CTR (click through ate) rata-rata 1,91%. Berikut ini rumus untuk melihat berapa banyak klik per bulan yang Anda dapatkan dari kata kunci tertentu:

Volume Kata Kunci X Rata-rata CTR untuk bisnis = Klik per bulan

Selanjutnya, ambil biaya per klik dari kata kunci itu dan kalikan dengan klik bulanan. Berikut rumus untuk melihat biaya bulanan dari kata kunci tertentu:

Klik per bulan  X biaya per klik = biaya bulanan untuk kata kunci itu

Sekarang cukup ulangi proses tersebut dengan menggunakan kedua rumus untuk setiap kata kunci yang ingin Anda targetkan. Pada akhirnya, tambahkan semua biaya bulanan untuk setiap kata kunci untuk mendapatkan besar anggaran bulanan. Setelah menghitung data ini, maka akan diketahui berapa banyak biaya iklan Google Adwords bulanan yang harus dikeluarkan. Untuk lebih mudahnya silakan kunjungi www.nurzaga.com, Anda akan mendapatkan analisis kata kunci dan biaya pemasangan iklan yang lebih terjangkau.