Biaya Per Klik Google Adword Bisa Diestimasi, lho!

Biaya Per Klik Google Adword Bisa Diestimasi, lho!Google Adwords merupakan pilihan tepat sebagi platform iklan, karena memberi pemilik bisnis akses ke 90% pengguna internet. Aplikasinya ke penelusuran Google dan jaringan internet membuatnya menjadi sistem yang sangat efisien dan menguntungkan untuk membantu pebisnis mengontrol seberapa sering menampilkan iklan. Lebih jauh mengenai biaya per klik Google Adword maka simak ulasan berikut ini.

Apa itu Pay-per-click (PPC) dan BPK?

PPC adalah singkatan dari Pay-Per-Click, yaitu model iklan yang digunakan Google dengan cara pengiklan membayar setiap kali pengguna internet mengklik iklan. Model PPC ini membantu bisnis dengan ide iklan digital yang menyajikan peluang membayar biaya per klik Google Adword lebih rendah dan lebih terukur bagi pengiklan.

Biaya per klik (BPK) bisa didefinisikan sebagai pengiklan membayar untuk setiap klik pada iklan google. Untuk kampanye penawaran BPK, pengiklan bisa menetapkan tawaran biaya per klik maksimum (BPK Maks), menetapkan sendiri penyesuaian tawaran, atau menggunakan BPK otomatis. BPK maks adalah jumlah terbesar yang akan ditagih kepada pengiklan untuk sebuah klik, tetapi biasanya akan ditagih kurang dari itu. Jumlah biaya akhir yang ditagih kepada pengiklan untuk sebuah klik disebut BPK aktual.

Jika pengiklan memasukkan tawaran BPK maks lalu seseorang mengeklik iklan tersebut, biaya yang dikenakan tidak akan melebihi jumlah tawaran BPK maksimum yang telah ditetapkan. Pengiklan bisa juga memilih antara penawaran manual yaitu menentukan sendiri jumlah tawaran. Atau menggunakan penawaran otomatis yaitu membiarkan Google menetapkan tawaran untuk mendapatkan klik terbanyak sesuai anggaran yang ditetapkan pengiklan. Nah, penetapan harga BPK inilah yang disebut sebagai pay-per-click (PPC).

Dimanakah Biaya Rata-rata per Klik Tertinggi di Dunia ?

Dengan semakin banyaknya pengiklan yang menjalankan kampanye secara internasional, banyak yang telah menemukan bahwa tren ini ada di seluruh dunia. Negara mana yang memiliki biaya per klik paling mahal? Menurut data dan infografis wordstream menunjukkan negara yang paling mahal rata-rata biaya per klik-nya adalah Uni Emirat Arab, BPK rata-rata 8% lebih tinggi daripada di AS. Hal ini disebabkan oleh kondisi perekonomian negaranya yang kaya sehingga menempatkan negara ini di urutan teratas. Tidak termasuk Uni Emirat Arab dan US, sepuluh negara paling mahal berikutnya adalah Austria, Australia, Brasil, Inggris, Selandia Baru, Chili, Swiss, Italia, Kanada, dan Jerman. Di semua negara ini, Google hampir menguasai sebagai mesin pencarian alias tanpa persaingan signifikan dari mesin pencari lainnya.

Indonesia memiliki BPK rata-rata 62 persen lebih rendah dari rata-rata AS. Selain itu daerah Amerika Selatan dan Tengah, Afrika, dan sebagian besar Timur Tengah memiliki BPK jauh di bawah rata-rata AS. Hal ini mungkin dikarenakan sejumlah alasan ekonomi dan penggunaan internet yang terbatas pada wilayah-wilayah tersebut. Apalagi saat ini jumlah pengguna yang mengakses internet dan Google pada smartphone semakin meningkat dan BPK mobile pada umumnya lebih murah daripada BPK desktop.

Jadi, memasang iklan di Google Adword memang cukup menguntungkan. Apalagi biaya per klik Google Adword di Indonesia sangat jauh lebih murah dibandingkan Negara-negara lain. Segera kunjungi www.nurzaga.com untuk mendapatkan jasa layanan terbaik mengenai optimasi website, Google Ads, dan pembuatan website.